Share What Me Know

PageViews Vs Visitor

Ditulis oleh: -
‘Pageview’ (jumlah halaman) di program AWStats didefinisikan sebagai hit terhadap file berekstensi teks seperti HTML, TXT, dan lain-lain yang berhasil (kode respon 200).


‘Pageview’ adalah sebuah pendekatan/perkiraan terhadap jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung


Antara satu program statistik/server hosting dan program/server lain bisa saja berbeda karena definisi persis pageview dan settingnya bisa berbeda. Jadi ketika membandingkan dua data pageview, perlu mengingat hal ini dan memaklumi perbedaan yang ada. Bandingkan juga hit-nya.



‘Visits’ (kunjungan) di program AWStats didefinisikan sebagai ‘request’ oleh klien dengan alamat IP dan browser yang sama dalam rentang waktu 30 menit. Misalnya seorang pengunjung mengakses sebuah halaman di menit 1, lalu halaman lain di menit ke-20, dan halaman lain lagi di menit ke-40. Maka ketiga ‘request’ (hit) ini dianggap satu visit yang sama karena semuanya terjadi dalam rentang di bawah 30 menit.


Namun jika seorang pengunjung lain mengakses sebuah halaman di menit 1, lalu baru mengakses lagi di menit 35, maka kedua hit ini akan dianggap dua buah visit yang berbeda.


‘Visits’ merupakan upaya pendekatan/perkiraan untuk mengetahui berapa banyak kunjungan yang dilakukan terhadap website Anda. Karena kunjungan memang merupakan sesuatu yang sulit didefinisikan secara eksak, karena kebiasaan browsing orang yang berbeda-beda. Bisa saja seseorang membuka website Anda lalu mengklak-klik beberapa halaman selama beberapa menit, lalu menutupnya. Satu kunjungan yang jelas.


Tapi bisa juga seseorang lain membuka website Anda, lalu membuka window atau program lain dan bekerja selama beberapa jam, baru kembali lagi ke browser yang tadi belum tertutup. Satu kunjungan atau dua? Belum lagi cara-cara browsing lain yang berbeda.
Log web-server tidak mencatat ‘cookie’, sehingga sesi kunjungan tidak dapat dideteksi dengan jelas. Karena itulah digunakan perhitungan pendekatan yang cukup umum yaitu selang waktu 30 menit.

Jadi ketika membandingkan dua data ‘visits’ dari dua program/server hosting yang berbeda, ada baiknya mengingat hal ini dan memaklumi perbedaan yang ada. Bandingkan juga hit-nya.